5 Spesies Binatang Tertua Yang Pernah Ditemukan di Dunia

5 Spesies Binatang Tertua Yang Pernah Ditemukan di Dunia

Binatang adalah makhluk hidup yang tumbuh dari kecil sampai besar atau bernafas sesuai lingkungan hidupnya. seperti hewan yang hidup di daratan atau pun di perairan dan ada juga hewan yang hidup di darat sampai ratusan tahun atau pun hewan yang pernah di jumpai oleh orang jaman dahulu, seperti hewan paus dan komodo yang paling tua di dunia dan masih banyak lagi hewan dan tubuhan yang hidup di dunia paling tertua didunia. dan inilah binatang tertua yang pernah ditemuikan di dunia:

1  Cyanobacteria (3,8 miliar tahun)

Cynobacteria merupakan makhluk hidup pertama yang ada dibumi. Hewan ini disebut juga dengan sianobakteri(a), ganggang biru, filum(divisi), ganggang biru-hijau(cyanophyceae), dan bakteri autotrof fotosintetik.  Cynobacteria berumur 3,8 milyar tahun. Binatang ini merupakan jenis makhluk hidup yang terpenting dalam rantai ekosistem makhluk hidup.

Chynobacteria biasanya dapat kita jumpai di perairan tawar, permukaan batu/ tanah, dan dilaut / samudra. Bakteri ini dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar sehingga dapat bertahan hidup hingga sekarang. Kelestarian lingkungan laut harus kita jaga agar mecegah terjadinya kepunahan hewan tersebut.

 2  Sponge atau Porifera (580 juta tahun)

Sponge atau Perifora merupakan sebuah filum untuk hewan multiseluler yang paling sederhana. Hewan ini hidup secara heterotrof dan makananya adalah planton serta bakteri. Hewan ini berumur 580 juta tahun. Zat yang ada didalam sponge atau porifera berfungsi untuk mengobati penyakit kanker. Binatang ini dapat ditemukan di air tawar. Hewan ini juga mirip dengan ubur-ubur yang susah untuk menjadi fosil.

 3  Ubur-ubur atau Jellyfish (650 juta tahun)

Ubur-ubur merupakan sejenis binatang laun yang masuk kedalam kelas scyphozoa. Binatang ini paling banyak ditemukan didaerah pulau kakaban kalimantan timur.ubur-ubur berumur sekitar 650 juta tahun. Inatang ini mempunyai tubuh berbentuk payung berumbai dan dapat menyebabkan gatal-gatal jika tersentuh kulit. Lubang besar yang terdapat pada ubur-ubur berfungsi sebagai tempat keluarnya air disebut dengan osculu. Ubur-ubur saat ini tercatat sebanyak 1.800 jenis.

Binatang laut ini tidak merupakan jenis hewan invertebrata ( tidak bertulang belakang). Jenis ubur-ubur yang mematikan yaitu kelompok cubozoa. Ubur-ubur ini mempunyai sengatan pada tentakelnya yang dapat menimbulkan kematian. Keberadaan binatang jenis ini biasanya terdapat disekitar pantai australia.

 4  Nautilus (500 juta tahun)

Nautilus merrupakan salah satujenis spesoes maluska laut yang masuk dalam famili nautilidae. Binatang ini memiliki cangkang namun masih kekerabatan dengan jenis cumi-cumi. Nautilus berumur 500 juta tahun. Hewan ini masih dapat kita jumpai didaerah perairan indo-pasifik.

 5  Horseshoe Crab atau Belangas atau Mimi Hitam (445 juta tahun)

Binatang ini mucul sejak periode ordovician atau paleozoikum. Mimi hitam lebih mendekati jenis hewan kalajengking dibandingkan kepiting. Hewan ini berumur lebih tua daripada dinosaurus yaitu 445 juta tahun. Mimi hitam dapat hoidup didalam air maupun didarat.

Demikian informasi tentang Spesies Binatang Tertua di Muka Bumi ini. Semoga dapat memberikan manfaat kepada pembaca daftarmenarik.com dalam menambah wawasan dan pengetahuan seputar dunia binatang.

Baca juga altikel kami tentang informasi unik dan menarik di bawah ini: